Rabu, 22 April 2009

VISUAL ARTS SOLO EXHIBITION by Aan Gunawan " INSIGHT "


Srisasanti gallery kembali akan menampilkan pameran tunggal seni visual seorang perupa asal Palembang, bernama Aan Gunawan. Menampilkan sekitar 20-an karya 2 dimensi, pameran akan berlangsung di Srisasanti gallery Yogyakarta, dari tanggal 24 april s.d. 09 Mei 2009, dengan mengangkat judul Insight. Insight bersifat intuitif, yaitu suatu sifat manusia yang dengan mudah menangkap suatu kebenaran tanpa harus bersusah payah menghubungkannya dengan logika. Istilah insight (pemahaman bawaan) bisa disebut intuisi naluriah ketika seseorang menangkap suatu pembenaran dari suatu hal tanpa menggunakan panca indera atau pengalaman biasa dari akal budi manusia. Intuisi tersebut berpangkal pada konsep ide bawaan, paling tidak ide yang dimengerti sebagai tendensi (kecenderungan) dalam memahami sesuatu.

Karya-karya lukisan Aan Gunawan bisa dikategorikan sebagai bagian dari perkembangan seni lukis abstrak kontemporer. Kita bisa melihat keliaran ekspresinya yang tidak terpola menjadi suatu ciri khas. Dari karya-karya liarnya ini, kita seperti mendapat penegasan dari pribadi Aan Gunawan sebagai seniman intuitif. Pada lukisan yang diberi judul "Filter" (2008), terdapat lelehan air yang merembes pada suatu tumpukan yang tidak bisa dijelaskan sebagai suatu benda atau alam semacam tanah atau apapun. Aan Gunawan mendapatkan ide lukisan itu ketika melihat air di bak mandi yang berasal dari kran. Air itu berwarna keruh. “ Ketika saya sedang membenahi kran air dengan cara disaring oleh kain, timbul ide di benak saya untuk melukiskan gangguan-gangguan itu.”
Lukisan-lukisan Aan Gunawan juga memperlihatkan obyek gambaran dan komposisi yang meruang. Ini terlihat dalam lukisan “ Senyuman Hijau “ (2008). Tergambar dalam karya itu sesuatu benda yang akrab dalam kehidupan sehari-harinya, tersusun dalam komposisi yang seolah-olah melemparkan senyuman. Background yang menyerupai dinding tersusun dari sapuan-sapuan warna yang berlapis-lapis dipadukan dengan dua buah obyek yang cukup dikenalinya yang secara tidak sengaja membentuk senyum seseorang. Namun ekspresi senyuman itu masih terlihat misteri dari kegembiraan, sebab dilatarbelakangi oleh lelehan air yang keluar dari bagian background, yang dalam pandangan saya seperti air mata. Dalam hal ini, artistic dalam karya-karya Aan Gunawan lebih ditekankan pada penggalian proses.


Malam Pembukaan: Jumat, 24 April 2009
Pukul: 19.30 WIB
Pameran dikuratori oleh AA. Nurjaman
Dimeriahkan oleh : Five’n Band
MC : Tovic Rahardja

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai pameran ini bisa menghubungi:
Srisasanti Gallery
Galeri: Jl. Palagan Tentara Pelajar No. 52 A, Sleman, Yogyakarta
Telp/Fax: (0274) 866 765
Head Office: Jln. Tentara Rakyat Mataram No.5 , Bumijo, Jetis Yogyakarta
Telp. 0274 561 922
Email: info@srisasanti.com dan srisasanti@yahoo.com

Contact Person:
Fery Oktanio Program Manager (081322903168)

Didukung Oleh :